Pengantar Teknologi Informasi

Posted by mahfuz On Jumat, 01 Februari 2013 0 komentar

A.    Teknologi Informasi

1.      Pengertian
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contohnya, mikrokomputer, CD-ROM, komputer main frame, notebook, papan digital, dan lain sebagainya.
2.      Tujuan
Tujuan dengan adanya suatu teknologi informasi didalam kehidupan, khususnya kehidupan modern seperti sekarang yaitu dapat memecahkan segala masalah apapun bentuknya, dapat membuka kreatifitas, efektifitas, serta efisiensi seseorang dalam mempelajari lebih mendalam mengenai teknologi informasi, contohnya dalam pembuatan program, aplikasi, hardware, software, dan lain sebagainya.
3.      Fungsi
Fungsi adanya teknologi informasi dalam memecahkan suatu masalah didalam kehidupan yaitu dapat menangkap, mengolah, menghasilkan, menyimpan, mengambil, serta melakukan transmisi terhadap masalah yang dihadapi, sehingga akan menjadi lebih mudah dengan melalui komputerisasi.
Perlunya teknologi informasi karena timbulnya komplektisitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, keperluan respons time cepat, tekanan persaingan bisnis, serta keinginan untuk meningkatkan layanan.

             B.   Komponen Teknologi Informasi
            Komponen utama dari teknologi informasi dapat dibagi menjadi tiga macam:
1.      Hardware
adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Contohnya, CPU, mouse, keyboard, Hard disk, dll.
2.      Software
adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Contohnya, Microsoft, system operasi, program, dll.
3.      Brainware
Adalah Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.

              C.  Penerapan Teknologi Informasi diberbagai bidang
1.      Bidang Industri
Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik
2.      Bidang Perbankan
Jenis dan klasifikasi data Bank yang relatif banyak harus bisa ditampung oleh software yang digunakan. Sebagai contoh, Bank yang kapasitas kerjanya relative kecil, misalnya hanya mempunyai 1 kantor, dengan jumlah nasabah hanya ratusan orang.
3.      Bidang  Pendidikan
Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini. Keadaan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan yang sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan elektronik. Pemanfaatan teknologi informasi juga telah merambah dalam bidang pendidikan. Teknologi ini sangat pantas digunakan dalam lingkungan akademis karena dapat memberikan berbagai bantuan yang sangat bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Fungsi dari teknologi informasi untuk pendidikan adalah untuk menjamin kualitas pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pendidikan, dengan sasaran yang secara cermat dipilih, bahan ajar yang berkualitas, serta metodologi pengajaran yang tepat, akan mampu mendukung proses pemerataan dan mengurangi kesenjangan antar daerah. Pencapaian tujuan ini mampu mendukung proses pemerataan dan mengurangi kesenjangan antar daerah.
4.      Bidang Kesehatan
Penerapan teknologi Informasi disektor kesehatan pada saat ini sebagai upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia. Teknologi yang digunakan adalah Teknik Biomedika dalam memecahkan masalah dalam bidang biologi dan kedokteran.
5.      Bidang Pemerintah
                  Seperti hubungan antarnegara internasional mengenai kepemerintahan dapat menjadi lebih mudah                            dengan adanya internetworking, jejaring sosial, dll.

0 komentar:

Posting Komentar